Sunday, February 15, 2015

Pengertian Internet dan Intranet

Apakah teman-teman mengetahui perbedaan antara internet dgn intranet? Tentu blm banyak yang tahu (termasuk aku ^_^ ). Hal ini sangatlah penting diketahui oleh orang-orang IT, karna merupakan salah satu pengetahuan dasar dalam bidang kejuruan mereka. Namun hal ini ngga dapat dijadikan alasan bagi warga awam untuk tidak mengetahui apa yg membedakan antara internet dan intranet, mari kita bahas Perbedaan Internet dan Intranet

Internet




Internet merupakan hubungan antara perangkat komputer dengan beragam tipe yang membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi, seperi telepon, satelit, & lainnya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking.

Dalam internet, digunakan protokol berupa TCP/IP utk mengatur komunikasi & integrasi. Keduanya (TCP & IP) mempunyai fungsi umum antara lain : mengirimkan dan mengatur paket-paket dalam pengiriman data, memilih rute paling baik dalam proses transmisi data bahkan memberikan rute alternatif apabila ada rute yang tak bisa digunakan. Sedangkan fungsi khusus antara keduanya yaitu TCP (Transmission Control Protocol)memiliki fungsi untuk memastikan semua hubungan antar jaringan berjalan dgn benar dan IP (Internet Protocol) mempunyai fungsi mentransmisikan data antar komputer.



Adanya internet, beragam manfaat dpt dirasakan. Proses komunikasi yang tidak sulit diseluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas, proses transmisi data yang cepat tanpa memakan waktu lama, dpt menjalin pertemanan antar negara menggunakan media sosial yang semakin menjamur. Serta beragam alternatif canggih yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui, utk menikmati beragam fasilitas dari jaringan komputer berupa internet ini, diperlukan media penyelenggara jasa internet yang biasa disebut ISP atau Internet Service Provider. Salah satu jasa penyelenggara internet di Indonesia adalah Telkomnet Instandari Telkom, teman-teman dapat berlangganan di penyedia ISP tersebut.

Intranet

Pengertian Intranet hampir sama dgn pengertian internet, yaitu suatu jaringan komputer yang berbasis protokol TCP/IP, namun intranet biasa digunakan di dlm kegiatan internal perusahaan. Intranet bisa diartikan sebuah jaringan internet pribadi atau dengan kata lain intranet adalah internet yg dimiliki dlm sebuah organisasi. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, dan klien & juga server. Komponen protokol yg sering digunakan merupakan Protokol HTTPdan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP).

Antar intranet bisa saling berkomunikasi jarak jauh asalkan masih dalam satu jaringan intranet. Intranet dpt dikeluarkan ke publik jika suatu organisasi menghendakinya. Hal ini disebut ekstranet, dimana ekstranet ialah kegiatan mengekspose sebagian dari jaringan komputer intranet suatu organisasi ke luar organisasinya, sehingga dapat diakses oleh publik secara luas. Sebagai contoh. Ketika seseorang membeli e-book dari suatu e-toko, maka org itu telah mengakses sebagian intranet dari e-toko tersebut. Organisasi yg menghendaki ekstranet, bisa mengerjakan kontrol pengaksesan terhadap jaringan intranet mereka menggunakan firewall.Firewall merupakan sebuah piranti lunak / keras yg berfungsi untuk mengatur (me-manage) akses seseorang ke dlm intranet.

No comments:

Post a Comment